Mereguk Manfaat Teh

Sesungguhnya budaya minum teh telah dikenal sejak 4000 tahun yang lalu, semasa kekaisaran Cina. Sedang di Indonesia sendiri, teh mulai masuk ke Pulau Jawa pada tahun 1864. Jika Anda terbiasa meneguk secangkir teh setiap hari, lanjutkan kebiasaan ini. Tapi yang jadi pertanyaan adalah sudah sehatkah teh yang anda pilih?.

Agar khasiat teh diperolah secara maksimal, sebaiknya pilih teh sesuai dengan kebutuhan. Teh hijau mungkin lebih kaya manfaat ketimbang teh hitam atau teh olong. Jangan mencampur teh sembarangan, misalnya mencampur teh dengan susu. Mengingat sifat teh yang bersifat mengikat protein, mencampur teh sembarangan membuat kandungan dalam teh tidak dapat dipecah-pecah sesuai fungsinya dan khasiat teh akan hilang.

Manfaat Teh

Jenis teh dan Kandungannya
Yang dikenal dengan sebagai teh sebenarnya adalah teh hijau, sedang teh hitam merupakan hasil fermentasi dari teh hijau. Ada tiga kandungan utama dari daun teh yaitu katekin (senyawa polifenol), zat nutrisi (vitamin dan nmineral flour) serta alkoloid (kafein dan theofilin). Selain itu ada zat lain yang bernama tannin, klorofil, serta theanin (sejenis asam amino).

Teh hijau
  • Bermutu tinggi
  • Daun teh tetap utuh
  • Tidak melewati proses fermentasi
  • Polifenol tidak teroksidasi
  • Sebagai antioksidan
Teh hitam
  • Merupakan hasil fermentasi sempurna
  • Kandungan polifenol tetap ada
  • Polifenol mengalami oksidasi
  • Saat pengolahan, daun teh dihancurkan
  • Kandungan kafein 1/2 dari kafein kopi
Teh Olong
  • Melalui proses fermentasi setengah sempurna
  • Kandungan polifenol tetap ada, namun tinggal setengahnya
  • Kandungan kafein 1/4 kandungan kafein pada kopi
  • Dapat memperlancar buang air seni

Aneka Manfaat Teh

Citarasa dan khasiat seduhan teh sangat dipengaruhi oleh tempat tumbuh tanaman teh dan linkungannya, karena kandungan zat hara dalam tanah serta  ketinggian tidak sama, Selain itu juga dipengaruhi oleh sistem pemetikan dan tehnik pengolahannya.

Teh hijau terbukti lebih baik sebagi antioksidan untuk melawan radikal bebas. karena kandungan antioksidan ini, teh hijau kemudian memiliki fungsi sebagai anti-kegemukan (dapat mengikat lemak). teh hijau mengandung lebih banyak tannin ketimbang teh lainnya. Tannin bersifat mengikat protein, sehingga sering dimanfaatkan untuk kasus diare atau keracunan makan.

Mempercepat sembuhnya luka
Masyarakat umumnya percaya bila teh bermanfaat mempercepat sembuhnya luka, secara ilmiah Zat ajaib pada teh yang bisa mempercepat penyembuhkan luka adalah katekin. Cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu luka yang telah dibersihkan dikompres dengan air seduhan teh hijau.

Pembersih wajah
Selain berkhasiat jika diminum, teh juga dapat digunakan sebagai pembersih wajah yang handal apabila digunakan secara rutin. teh diyakini dapat menghilangkan flek pada wajah dengan zat tannin yang dikandungnya.

Penyubur rambut
Menengok kebelakang, nenek moyang kita memiliki kebiasaan menggunakan teh yang telah diembunkan (didiamkan selama semalaman) sebagai penyubur rambut. Dengan didiamkan semalam, berarti teh mengalami proses fermentasi, sehingga zat tanin bekerja.

Tips Mengoptimalkan khasiat teh
  1. Seduh teh dengan air panas 80 derajat celcius, agar tannin tidak banyak hilang
  2. Hindari menyeduh kembali teh yang sudah digunakan, karena mengurangi aroma dan manfaatnya
  3. Bila menyeduh teh dalam poci, diamkan selama 1-2 menit
  4. Untuk memperoleh manfaatnya secara optimal, minumlah segera, jangan biarkan hingga dingin
    Kian hari semakin banyak orang yang menggemari minuman berwarna hijau muda hingga kecoklatan ini. Sajian teh pun makin variatif dengan beberapa aroma seperti melati atau peppermint. Yang jelas dibalik keharuman aromanya , ternyata kita juga dapat mereguk aneka manfaat teh yang penting bagi kesehatan tubuh.