Tahukah Anda Keunggulan ASI

keunggulan-air-susu-ibu
Air susu ibu(ASI) yang keluar di hari pertama sampai hari ke-47 merupakan 'cairan emas' pelindung yang kaya zat anti infeksi yang berprotein tinggi. Cairan yang dinamakan kolostrum ini berwarna kekuningan dan memang tidak meyerupai susu sebab mengandung sel darah putih si pelawan kuman penyakit.

Kolostrum merupakan pencahar ideal dalam membersihkan usus bayi yang baru lahir, sekaligus mempersiapkan saluran pencernaan bayi.

Kolostrum atau juga sering disebut sebagai susu jolong mengandung zat anti-infeksi 10-17 kali lebih banyak dibanding ASI dengan kadar karbohidrat dan lemak lebih rendah.

Pada ibu yang sehat dengan produksi ASI mencukupi , ASI merupakan makanan terbaik dan Anda tidak perlu khawatir karena cukup untuk bayi sampai ia berumur 6 bulan.

Lemak ASI, makanan terbaik bagi otak bayi. Seiring pertumbuhannya, bayi akan lebih sering menyusu, lemak ASI dapat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan kalori bayi yang sedang tumbuh. Perubahan kadar lemak ini akan terjadi secara otomatis.

Lemak ASI mudah dicerna, karena mengandung enzim lipase sebagai pencerna lemak, sehingga hanya sedikit lemak yang tidak diserap. Sebagai perbandingan; susu formula tidak mengandung enzim tersebut, sebab enzim akan hancur bila dipanaskan. itu sebabnya bayi mengalami kesulitan menyerap susu formula.
ASI mengandung lemak ikatan panjang (omega-3, omega-6, DHA, arachinodic acid) suatu asam lemak esensial yang penting bagi pertumbuhan otak.

ASI mengandung kolesterol, yang bermanfaat dalam menyokong pertumbuhan otak. Diperkirakan kolesterol diperlukan dalam pembentukan enzim untuk metabolisme kolesterol yang mengendalikan kadar koleterol di kemudian hari. ini akan berguna dalam mencegah terjadinya serangan jantung serta penebalan pembuluh darah di usia muda.

ASI adalah makanan anak-anak cerdas. sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak seorang bayi mendapat ASI semakin tinggi IQ yang dicapai

Berikan ASI sampai anak usia 24 bulan, ini akan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap infeksi, sekaligus membantu tumbuh kembangnya.

Dan jangan lupa dengan menyusui berarti anda menjalin jurnalisme kasih sayang dengan buah hati anda.