Cara Merawat Rambut Kering Yang Benar

Ini merupakan fakta bahwa perempuan mencintai rambutnya melebihi dari segalanya. Segala sesuatu harus dilakukan hanya untuk memiliki rambut yang sehat. Tapi bagaimana jika Anda mengalami fenomena yang disebut "rambut kering"?

Masalah rambut kering, kusam, lecek  disebabkan karena panas, polusi udara dan kebiasaan perawatan rambut yang tidak benar seperti penggunaan pengering terlampau sering, akibatnya  kelembabannya pun terkuras  dan menyebabkan kerusakan yang signifikan. selain itu,  karena kekurangan asam lemak esensial yang juga dikenal sebagai humektan dan lipid.oleh karenanya  perawatan lebih difokuskan pada  mempertahankan kelembaban.

Cara Perawatan Rambut Kering

Apa yang harus anda lakukan untuk mengetahui apakah helai rambut anda tergolong sehat atau tidak?

Cukup letakkan helai rambut anda pada segelas air. Helai rambut tersebut tenggelam? Selamat! Berarti rambut Anda tergolong sehat. Namun, bila helai rambut tersebut mengapung, itu artinya rambut anda kering dan tidak sehat.

Cara merawat rambut kering

1. Lakukan Keramas cukup sekitar tiga kali seminggu. Cukup basahi  dengan  menggunakan kondisioner pada saat tidak keramas.

2. Gunakan minyak esensial  untuk penetrasi yang mendalam dan proses terjadinya perbaikan serta hindari memakai produk yang mengandung alkohol.

3. Bila diperlukan anda  boleh mencoba kondisioner alami seperti minyak kelapa, caranya cukup mudah, cukup oleskan  minyak kelapa secukupnya, ratakan denhgan tangan, lalu bungku dengan pembungkus plastik dan tutup dengan handuk lalu bilas dengan air sampai benar-benar bersih.

4. Jika Anda benar-benar terpaksa harus menggunakan mesin pengering, atur  pada setelan rendah  dan berhenti sebelum benar-benar menjadi sangat kering. Lebih bijaksana lagi bila anda mengeringkan dengan handuk dengan menggosoknya perlahan, atau  membiarkannya kering secara alami dengan cara di anginkan.

5. Gunakan topi renang untuk melindungi dari zat klorin saat anda sedang berenang . lalu Mandi dan basahi untuk menjaganya terhadap efek buruk bahan kimia ini.

6. Perlakukan helai demi helai rambut Anda dengan lembut,  tidak usah  menyisir dan menyikat yang berlebihan atau terlalu sering.

7. Gunakan sampo ringan saat mencuci rambut, yang mengandung  zat pelembab. Pastikan untuk senantiasa mencuci kulit kepala Anda secara pelan sehingga minyak alami rambut tidak berkurang.

8. Jangan menggunakan gel ketika mahkota anda  benar-benar kering. Alasannya karena  akan menyebabkan kehilangan kandungan minyak alami yang memberi kelembaban,  menjaga tingkat pH serta  membantu mengurangi kerusakan.

9. Setelah  diluruskan, diwarnai atau dikeriting rambut menjadi kering akibat dari proses kimiawi. pada kondisi demikian, jangan lakukan pemijatan karena kondisi rambut yang rapuh dan mudah patah. Perawatan yang benar,  rambut harus dimasker 2-3 kali seminggu selama 1 bulan pertama. Baru pada bulan berikutnya pemberin masker dan creambath dapat dilakukan secara bergantian. hasilnya rambut lebih lembut dan kuat.

10. Untuk perawatan dari dalam, mengkonsumsi vitamin rambut sangatlah dianjurkan.